BlogPeluang Usaha

Peluang Usaha Makanan Ringan untuk Pebisnis Pemula

Peluang Usaha Makanan Ringan

Di banyak forum bisnis, atau bahkan beberapa orang yang telah ditemui, banyak sekali yang ingin memiliki usaha, tapi bingung harus usaha apa?

Sebenarnya peluang usaha itu banyak. Mulai dari jasa sampai produk jadi seperti pakaian, makanan, juga usaha makanan ringan.

Lalu, mengapa masih ada yang bingung?

  1. Semakin banyak pilihan peluang usaha jadi semakin bingung memilih
  2. Belum tahu usaha apa yang menguntungkan
  3. Berpikir masalah modal, jadi berharap ada usaha yang menguntungkan dengan modal kecil

Bagi yang sudah lama terjun pada dunia bisnis, melihat dan memilih peluang usaha bisa jadi tidak akan begitu sulit. Sebab pengalaman yang berbicara.

Beda dengan pebisnis pemula, atau yang sama sekali belum pernah terjun dalam dunia bisnis. Ada banyak kekhawatiran yang mengganggu pikiran. Seperti tiga masalah di atas.

Memang harus ada gambaran peluang usahanya seperti apa untuk mempermudah dalam memilih peluang usaha yang menjanjikan.

Lebih-lebih ada contohnya.

Di antara banyaknya peluang usaha yang ada, usaha kuliner bisa dijadikan salah satu opsi utama untuk dipertimbangkan.

Kenapa?

Bisnis makanan ini tidak pernah usai karena berkaitan dengan  kebutuhan pokok manusia, yaitu makan. Dari dulu, sekarang dan masa yang akan datang mulai dari balita, pemuda, sampai orang tua butuh makan.

Buktinya sudah banyak pengusaha yang sukses dengan mengoptimalkan berbagai kesempatan bisnis makanan, termasuk peluang usaha makanan ringan, atau cemilan, atau snack.

Yang dimaksud cemilan adalah makanan yang dikonsumsi di luar hidangan utama, yaitu nasi dan lauk-pauk dan tentu saja jenis serta bentuknya sangat beragam.

Apalagi saat ini bagi masyarakat pada umumnya makan tak lagi untuk memenuhi kebutuhan hidup, tapi terkait dengan trend.

Tak heran bila makanan atau minuman dengan tampilan kemasan yang unik, bentuk yang tidak biasa, atau di-endorse oleh selebgram terkenal menjadi laris luar biasa.

Tentu masih ingat fenomena snack Maicih dari Bandung beberapa waktu yang lalu, dimana distributor sampai harus membatasi jumlah pembelian  karena peminatnya yang membludak.

Alasan peluang usaha makanan ringan sangat menjanjikan

Ulasan singkat di atas sebenarnya sudah menjelaskan bahwa bisnis makanan ringan bisa sangat menguntungkan. Salah satunya karena pangsa pasar yang begitu besar di Indonesia.

Tidak percaya?

Terbukti dengan pertambahan jumlah produsen cemilan yang signifikan dari waktu ke waktu.

Diberitakan oleh Tempo.co pada minggu, 3 Maret 16 September 2018. Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto mengatakan kalau pada triwulan II 2018, pertumbuhan industri makanan (salah satunya makanan ringan) dan minuman tumbuh mencapai 8,67 persen atau melampaui pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,27 persen.

Sementara pada kuartal ke III mencapai 10,7 (sumber: katadata.co.id)

Dari sumber berita yang sama, prediksi dari Adhi S Lukman (Ketua Gabungan Pengusahan Makanan dan Minuman Indonesia – GAPMMI) pada tahun 2019 (tahun politik) mengatakan kalau pertumbuhan industri makanan (termasuk makanan ringan) dan minuman masih cukup positif. Peningkatan rata-rata jumlah penduduk sekitar 4 juta per tahun menjadi penyumbang utama pertumbuhan.

Jadi dapat dibilang bila kunci sukses dari bisnis ini adalah jumlah pembelinya yang banyak karena jumlah penduduk tanah air yang  juga banyak serta semakin meningkat.

Ada sedikit riset kata kunci yang bisa dijadikan data pendukung mengapa peluang usaha makanan ringan ini bisa dibilang menjanjikan.

Ini hasil riset kata kunci tentang peluang usaha makanan ringan-nya

Riset Kata Kunci Peluang Usaha Makanan Ringan

Data tersebut dari riset kata kunci melalui google keyword planner.

Artinya, ada sekian banyak orang (volume pencarian) yang mencari makanan ringan (berdasar kata kunci di atas) dalam mesin pencari google.

Dan sebagai catatan, itu masih saya batasi dengan kota Malang saja. Belum saya buat global atau dikembangkan lagi.

Konsumsen-konsumen potensial ini berasal dari beragam kalangan tanpa mengenal umur dan golongan.

Semua orang Indonesia suka cemilan, mulai dari anak-anak hingga remaja, dan orang dewasa, wanita serta pria, dan mulai dari kalangan bawah sampai atas.

Berbeda dengan hidangan utama, bila berhubungan dengan  snack tak ada  perbedaan yang  terlalu mencolok antara cemilan bagi masyarakat tingkat bawah dan atas.

Yang membedakan pada umumnya hanyalah mutu serta harganya.

Contohnya snack keripik singkong atau pisang, pada seluruh kalangan jenisnya memang sama, namun dari segi mutu serta bahan bakunya yang berbeda.

Nama makanan ringan tersebut akan tetap keripik singkong dan pisang walaupun dikemas dengan cara bagaimana pun serta diolah dengan rasa dan bumbu apa pun.

Ternyata ada penyebabnya mengapa masyarakat Indonesia suka ngemil, yaitu berkaitan dengan hobi menonton televisi.

Walaupun banyak yang mengkritik kalau orang Indonesia memboroskan terlalu banyak waktu di depan televisi, namun bagi pengusaha snack hal ini membawa kelebihan tersendiri.

Tentu karena teman paling cocok untuk menonton televisi adalah cemilan.

Contohnya saat ada siaran yang seru di televisi seperti pertandingan badminton atau sepakbola,  nonton serunya laga olahraga tersebut tak lengkap rasanya tanpa ngemil.

Selain itu peluang usaha makanan ringan besar karena kultur kekerabatan yang erat pada masyarakat Indonesia, dimana mereka senang sekali berkumpul dan menggelar acara.

Mulai dari pengajian atau acara keagamaan lainnya, arisan, ulang tahun, dan lain-lain.

Selain makanan berat, cemilan tak pernah absen pada acara-acara demikian karena biasanya orang enggan langsung makan besar.

Sambil ngobrol dengan saudara atau teman-teman mulut turut sibuk mengunyah sampai tak terasa cemilan di piring sudah habis.

Memulai bisnis makanan ringan

Sebelum memulai usaha makanan ringan, penting untuk menguasai strategi produknya terlebih dulu.

Kunci strategi yang mendasar itu ada empat.

  • Kualitas rasa. Ingat, kita sedang bicara makanan ringan. Apa yang membuat seseorang bersedia mencoba makanan untuk kedua, ketiga, atau lebih? Tentu rasa. Jangan sampai membuat konsumen merasa membayar terlalu mahal untuk rasa yang mereka dapat. Kalau perlu, buat mereka seolah merasa apa yang mereka rasakan lebih dari apa yang mereka bayar.
  • Tampilan yang memiliki daya tarik. Mengapa? Tampilan mempengaruhi kelas makanan ringannya. Standar konsumen jadi bukan hanya tentang rasa. Tapi seberapa menarik tampilannya. Entah itu kemasan atau sekadar tekstur dan rupa makanan ringannya.

Bandingkan sendiri dua tampilan kemasan produk berikut!

Keripik pisang kemasan biasa
Keripik Pisang Lukiluck

Sama-sama produk keripik pisang?

Tapi mana yang lebih menarik untuk dibeli?

  • Belum pernah ada, benar-benar baru – Misalnya mengincar bisnis snack atau kue-kue kering. Yang merajai bisnis ini umumnya adalah para pebisnis yang sudah berpengalaman bertahun-tahun sehingga dapat bertahan sebagai pemain lama. Tentu saja jaringan distribusi para pengusaha ini sudah sangat kuat. Cara untuk memulai sebagai “orang baru” adalah mencari informasi jenis atau produk snack apa yang belum diproduksi atau disalurkan oleh mereka. Strategi ini dikombinasikan dengan dua strategi awal bisa menghasilkan ledakan penjualan.  Peluang bertahan dalam bisnis ini menjadi besar bila menjadi yang pertama dalam menjual cemilan tertentu pada suatu tempat. Tapi memang, menemukan sesuatu yang baru tidak pernah mudah.
  • Jika kesulitan menemukan ide usaha makanan ringan yang benar-benar baru, tidak masalah. Menjual produk yang sudah ada juga tidak salah. Kuncinya, apa yang membedakan usaha makanan ringannya dengan produk sejenis. Apa nilai lebihnya?

Lakukan Riset dan Trial Eror

Strategi bisnis makanan ringan yang sudah dibahas tidak bisa dilakukan sembarangan. Harus dilakukan riset dan trial eror (uji coba).

Ini serius!

Kalau tidak, bisa-bisa hanya akan membuang uang begitu saja.

Riset?

Kedengarannya ribet ya?

Tidak juga. Kita bisa menyederhanakannya.

Pada dasarnya riset disini adalah melakukan survei pasar.

Bagaimana surveinya?

Akan dijelaskan secara sederhana saja. Kalau dibahas lebih mendalam akan sangat panjang.

Langkah pertama, cukup jalan-jalan saja ke toko-toko yang menjual cemilan atau pusat oleh-oleh.

Akan lebih bagus jika bisa membeli – sebagai bahan merasakan kualitas rasanya.

Dilengkapi dengan survei secara online juga bagus. Sebab, kita tidak bisa menutup mata kalau peluang usaha makanan ringan juga terbuka lebar dalam pangsa pasar online.

Catat informasi-informasi berikut:

  • Merek
  • Jenis
  • Tampilan cemilannya
  • Rasa
  • Tampilan kemasan
  • Harga
  • Lebih bagus lagi jika bisa menanyakan kepada penjual kuantitas rata-rata penjualannya.

Itu saja sebenarnya sudah cukup. Tapi jika ingin menambahkan variabel lain juga bagus.

Semakin banyak merek yang dicatat semakin bagus.

Dari situ bisa terlihat makanan ringan jenis apa yang sama sekali belum ada di pasaran (Jika kamu berhasil menemukan ide makanan ringan baru – bisa adopsi dari luar daerah atau negara lain).

Bisa juga mendapatkan informasi tentang bisnis makanan ringan yang produknya banyak peminat tapi sedikit produsennya.

Langkah selanjutnya adalah melakukan trial eror.

Trial eror ini berkaitan dengan membuat produk sendiri.

(Tentu saja yang dimaksud pada langkah ini sudah berhasil menemukan ide bisnis makanan ringannya)

Mulai cari informasi bagaimana proses membuat/produksinya. Saat ini, bukan hal sulit untuk mencari referensi cara membuatnya.

Yang tersulit adalah trial eror menemukan kualitas rasa yang pas dan pantang menyerah. Harus diuji cobakan – bisa ke orang-orang sekitar atau khalayak ramai. Tujuannya evaluasi kekurangan untuk diperbaiki. Lakukan hal tersebut sampai menemukan kualitas yang diharapkan – sesuai selera konsumen.

Melakukan trial eror dengan pantang menyerah memang hal tersulit dalam membuat produk – untuk mewujudkan ide bisnis makanan ringan.

Tapi bukan jadi masalah terbesar.

Masalah terbesar justru muncul dari mindset diri sendiri.

Meski sudah tahu langkah-langkahnya masih saja tidak segera melakukannya.

Ada cara yang lebih mudah.

Menjadi reseller dari bisnis makanan ringan yang sudah ada.

Tinggal mencari produsen/supliernya – menanyakan apakah ada peluang untuk jadi reseller. Mendaftar, ikuti prosedur selanjutnya, lalu jualan.

Berikut ini akan dibagikan beberapa peluang usaha makanan ringan yang bisa dicoba. Entah itu dijadikan produk olahan sendiri yang diberikan inovasi atau sebagai referensi produk makanan ringan untuk dijadikan produk reseller.

Peluang usaha makanan ringan dengan modal kecil

Sengaja memang dicarikan peluang usaha makanan ringan yang memiliki potensi tapi dengan modal kecil.

Sebab masih pemula.

Agar yang tidak memiliki banyak modal tidak berkecil hati. Dan yang memiliki modal lebih tidak boros dalam pengeluaran awal – sebab masih pemula.

Meski sebenarnya, modal tidak selalu tentang uang.

Berikut ini peluang usaha makanan ringannya:

Peluang Usaha Makanan Ringan
Peluang Usaha Makanan Ringan

Data di atas merupakan hasil riset kata kunci pencarian dari mesin pencari google dengan rata-rata volume pencarian perbulan.

Intinya, cemilan-cemilan di atas memiliki peluang cukup menjanjikan untuk dijadikan bidang usaha makanan ringan.

Contoh saja, keripik pisang. Dimana volume pencariannya dalam sebulan di kisaran angka 1000 sampai 10.000 pencarian.

Jika dianggap 50% saja orang yang melakukan pencarian. Bisa disimpulkan jika ada 500-5.000 orang yang memiliki minat pada keripik pisang.

Detailnya, akan dibahas satu-persatu.

1. Kacang

Peluang Usaha Kacang
Peluang Usaha Kacang

Kacang memiliki volume pencarian yang luar biasa tinggi.

Tidak heran, kacang itu jenis cemilan yang bisa dimakan tanpa sadar. Maksudnya, tahu-tahu sudah habis saja.

Selain itu, jenis kacang itu ada banyak. Mulai dari kacang tanah, mete, polong, kacang bawang, dan lain-lain memang paling lezat.

Dan bagusnya, kacang tidak hanya bisa berhenti di situ. Masih bisa dikembangan dengan inovasi.

Contoh sederhana saja, kacang sembunyi.

Jadi, jika ingin meningkatkan dengan daya saing inovasi pengembangan kacang wajib untuk dilakukan.

2. Makaroni

Peluang Usaha Makaroni
Peluang Usaha Makaroni

Inspirasi peluang usaha makanan ringan berikutnya adalah cemilan makaroni yang juga baru populer sejak beberapa tahun terakhir ini.

Alih-alih diolah sebagaimana pasta pada umumnya, di tangan pebisnis kuliner kreatif tanah air, makanan ini justru disulap menjadi cemilan yang renyah dan dipadukan dengan bumbu-bumbu khas Indonesia.

Hebatnya makaroni ini, meski pelaku usahanya sudah sangat banyak, tetapi peluangnya tidak pernah habis.

Tercermin dari volume pencarian mesin pencari google.

Bahkan, masih menyediakan tempat bagi pelaku usaha baru.

Hanya saja, agar tetap bisa bersaing. Inovasi bisa terus dikembangkan. Terutama perihal aneka macam rasa.

Untuk mendapatkan citarasa lebih unik makaroni juga tersedia dengan rasa pedas manis, hingga susu.

3. Keripik Pisang

Keripik Pisang Lukiluck
Peluang Usaha Keripik Pisang Lukiluck

Pisang terkenal sebagai salah satu buah yang bergizi. Dan perihal keripik pisang, di Indonesia bukan lagi hal baru.

Sudah memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat negeri ini.

Pasarnya sudah ada.

Apalagi jika bisa memberikan inovasi pada keripik pisangnya.

Lukiluck.id sendiri berhasil memberikan added value pada keripik pisang sehingga bisa memperbesar peluang penjualannya.

Keripik pisangnya di kembangkan menjadi bisnis makanan ringan yang inovatif – ada banyak varian rasa populer dengan kualitas bumbu premium (rasa Chcolate, Milk Creamy, dark Choco, dan Spicy) serta di kemas dengan standing pouch berbahan aluminium foil.

Jadilah keripik pisang dengan pangsa pasar menengah ke atas.

Jika memiliki sumber daya yang cukup, bisa memproduksi sendiri keripik pisangnya.

Kalau yang jadi masalah dari produksinya, jadi reseller keripik pisang juga tidak ada salahnya. Sekalian membentuk pasarnya terlebih dahulu sampai bisa memproduksi sendiri.

Kalau ada yang berminat, bisa langsung saja mendaftar jadi reseller keripik pisang Lukiluck.

4. Kerupuk seblak

Peluang Usaha Kerupuk Seblak
Peluang Usaha Kerupuk Seblak

Selain seblak basah atau krupuk yang telah direndam dalam air lalu diolah dengan bumbu pedas, krupuk seblak juga lezat disantap untuk cemilan.

Rasanya sama dengan seblak basah, termasuk pada level kepedasannya. Hanya pada krupuk seblak ini ada sensasi renyah yang membuat mulut tak dapat berhenti mengunyah.

Buatlah produk yang lebih inovatif dengan  menyediakan krupuk seblak dengan  rasa yang lebih kaya misalnya balado, keju, dan barbeque.

5. Basreng

Peluang Usaha Basreng
Peluang Usaha Basreng

Basreng adalah bentuk modifikasi dari hidangan bakso yang umumnya disantap dengan kuah yang hangat.

Basreng adalah bakso goreng yang dibuat dari pentol bakso daging atau ikan yang digoreng sampai kering dan renyah.

Basreng ini dapat dinikmati dengan dicocol sambal atau saos, atau langsung memakannya.

Rasa asli basreng tentu saja sebagaimana rasa pentol bakso, tapi juga bisa melakukan modifikasi dengan menambahkan bumbu bubuk barbeque, keju, balado, dan lain-lain.

6. Keripik singkong

Peluang Usaha Keripik Singkong
Peluang Usaha Keripik Singkong

Cemilan sejuta umat ini sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Kripik singkong tersedia bagi semua kalangan, mulai dari yang dibungkus plastik bening dan dijual di warung-warung hingga kripik dengan kemasan aluminium foil yang dipasarkan di supermarket.

Rasa original kripik singkong adalah asin atau gurih, tapi di pasaran banyak pula tersedia produk keripik dengan rasa keju, coklat, hingga yang berlapis bumbu campuran gula merah dan cabai atau keripik balado.

7. Kuaci

Peluang Usaha Kuaci
Peluang Usaha Kuaci

Tak hanya sehat, cemilan yang satu ini juga bergizi dan tak mengandung banyak kalori.

Selain kandungannya, apa istimewanya kuaci?

Makanan yang mulai populer di era 90-an ini, kebiasaan konsumen jika mengkonsumsinya mirip seperti kacang.

Susah untuk berhenti di segala momen, apalagi ketika ngumpul atau nonton televisi.

Jadinya kuaci masih mempunyai potensi besar dalam bisnis kuliner asalkan tampil dengan lebih modern.

8. Mie lidi

Peluang Usaha Mie Lidi
Peluang Usaha Mie Lidi

Jajanan jadul di era 90-an ini sekarang tampil kembali dengan wajah baru yang lebih kekinian.

Menikmati mie yang unik ini tak hanya berkaitan dengan citarasanya namun sensasi menyantapnya karena bentuknya yang unik.

Sudah tersedia produk mie lidi yang diolah secara modern dan dengan panjang mencapai 30 cm atau lebih.

Dipadukan dengan inovasi rasa yang beraneka ragam serta kemasan yang menarik bisa memberikan nilai lebih pada cemilan satu ini.

9. Gurilem

Peluang Usaha Gurilem
Peluang Usaha Gurilem

Tahukah Anda snack gurilem?

Gurilem adalah krupuk yang terbuat dari campuran tepung tapioca dan tepung terigu kemudian dicetak berbentuk panjang-panjang.

Yang menonjol dari snack ini adalah rasanya yang pedas.

Sebelum digoreng, gurilem harus dijemur terlebih dahulu agar hasilnya lebih renyah.

Gurilem ini digoreng bukan dengan minyak melainkan pasir yang panas sehingga Anda tak perlu khawatir dengan lemak jahat pemicu penyakit kolesterol.

10. Kembang goyang

Peluang Usaha Kembang Goyang
Peluang Usaha Kembang Goyang

Snack yang satu ini sebenarnya adalah hidangan tradisional betawi yang terbuat dari tepung beras, gula, telur, dan bahan-bahan lain.

Sayangnya sekarang snack ini sulit ditemukan di luar hari raya lebaran.

Di sinilah kesempatan untuk sukses dalam bisnis ini, yaitu dengan memproduksi kembang goyang dan menjualnya.

Tak sedikit orang yang kangen dengan citarasanya namun harus kecewa karena sulit menemukannya di pasaran.

11. Stick keju

Peluang Usaha Stick Keju
Peluang Usaha Stick Keju

Stick keju dulu juga merupakan hidangan khas lebaran yang disuguhkan kepada tamu, tapi sekarang semakin banyak dijual untuk dinikmati sebagai snack.

Campuran keju dalam adonannya tentu membuat snack yang satu ini berharga lebih mahal dibandingkan snack lainnya.

Untuk mengatasi biaya produksi, bisa dilakukan pengemasan dalam porsi kecil dengan desain kemasan menarik yang tertutup – tidak kelihatan stick kejunya.

Tujuannya, agar kesan sedikitnya tidak terlalu kelihatan.

12. Keripik Talas

Peluang Usaha Keripik Talas
Peluang Usaha Keripik Talas

Jangan meremehkan rasanya yang hambar, karena kalau sudah diolah menjadi makanan ringan rasanya akan sangat lezat dan gurih.

Umumnya memang rasa asin saja, tapi jika berhasil menemukan formula bumbu selain itu akan jauh lebih baik.

Peluangnya di pasaran jadi semakin besar, karena kaya akan varian rasa.

Bagi yang memproduksi sendiri cemilan ini, pastikan untuk mencuci daging talas bersih-bersih sebelum diolah karena ada getah yang membuat tenggorokan gatal.

13. Keripik tempe

Peluang Usaha Keripik Tempe
Peluang Usaha Keripik Tempe

Tempe itu salah satu makanan khas Indonesia yang kaya akan gizi.

Manfaatnya bagi kesehatan juga sangat besar.

Jadi tak heran jika keripik tempe memili pangsa pasar yang cukup luas.

Saat ini, daerah yang terkena memproduksi keripik tempe adalah daerah malang.

Tapi, untuk pasar online dengan pengemasan kekinian, belum banyak yang terjun di sana.

Jadi, pasarnya masih terbuka lebar.

Jika kendalanya dalam hal produksi, bisa dicoba dengan cara menjadi reseller. Bisa mencari suplier dari daerah Malang (Jika tinggal di luar daerah Malang).

Sekalian membuka pasar baru yang belum tersentuh pengusaha keripik tempe dari Malang.

14. Brownies kering

Peluang Usaha Brownies Kering
Peluang Usaha Brownies Kering

Brownies itu kue coklat yang sangat populer di masyarakat.

Rasanya memang sangat enak.

Penyukanya banyak, mulai dari yang muda sampai yang tua.

Nah, kendalanya adalah kue brownies ini karakteristiknya seperti kue basah lainnya, tidak bisa tahan lama.

Di sinilah muncul sebuah ide inovasi, brownies kering (atau dijadikan sejenis keripik) sebagai peluang usaha makanan ringan yang unik.

Bisnis makanan ringan yang unik dapat memikat pasar anak muda.

Sebab, anak muda cenderung menyukai sesuatu yang terasa seolah baru dan unik.

Belum banyak pemain yang bergerak dalam bidang bisnis makanan ringan satu ini, jadi patut untuk dicoba.

15. Lanting

Peluang Usaha Lanting
Peluang Usaha Lanting

Tahu lanting?

Ini adalah salah satu bisnis makanan ringan olahan dari singkong.

Cemilan khas dari daerah Kebumen – Jawa Tengah.

Umumnya, Lanting berbentuk angka delapan, dengan rasa khas yang gurih dan renyah.

Peluangnya sebagai usaha makanan ringan masih sangat besar. Terutama jika bisa menginovasikan dengan lebih modern. Seperti memberikan varian rasa baru seperti pedas, coklat, keju, balado dan rasa lainnya.

Dapat pula dikombinasikan dengan kemasan yang lebih modern.

16. Keripik kentang

Peluang Usaha Keripik Kentang
Peluang Usaha Keripik Kentang

Keripik kentang sudah sangat populer dari sejak dulu. Bahkan sudah banyak brand terkenal yang bergerak dalam bidang bisnis makanan ringan satu ini.

Meski pemain besarnya sudah banyak, bukan berarti peluangnya sudah habis.

Kuncinya adalah bergerak pada inovasi varian rasa dan tampilan kemasan.

Ada pasar yang masih terbuka lebar dan belum banyak dimasuki brand besar, yakni pasar online.

17. Keripik tahu

Peluang Usaha Keripik Tahu
Peluang Usaha Keripik Tahu

Tak jauh berbeda dengan tempe, tahu juga salah satu makanan khas Indonesia yang kaya gizi dan sudah sangat populer di kalangan masyarakat.

Umumnya diolah dengan digoreng.

Tapi, kepopuleran tahu tidak hanya sampai tahu goreng saja. Ternyata ketika diolah menjadi keripik tahu juga masih sangat populer.

Tidak heran, sebab keripik tahu jadi bisa dinikmati dimana saja dan kapan saja. Bisa dibawa kemana saja dan disimpan untuk jangka waktu lebih lama dari sekadar tahu goreng.

18. Keripik sukun

Peluang Usaha Keripik Sukun
Peluang Usaha Keripik Sukun

Sukun itu salah satu komoditas pertanian lokal Indonesia yang saat ini mulai dilirik sebagai peluang usahan makanan ringan secara modern.

Yakni jadi keripik sukun.

Sebenarnya, sejak dari dulu keripik sukun sudah ada. Hanya saja belum diinovasikan lebih modern.

Ibaratnya, pasar keripik sukun yang sederhana itu hanya orang-orang yang berumur 40 tahu ke atas. Penggemarnya berkisar umur segitu untuk saat ini.

Tapi, jika bisa menginovasikan secara lebih modern, pasar anak muda akan bisa direbut juga.

Bagusnya lagi, pelaku usaha makanan ringan satu ini belum banyak.

19. Keripik bayam

Peluang Usaha Keripik bayam
Peluang Usaha Keripik bayam

Jika belum tahu, pasti akan sulit membayangkan bayam yang notabene adalah sayuran menjadi keripik.

Tapi ternyata ada, dan rasanya jadi renyah serta gurih.

Peminatnya pun tak sedikit. Peluang terbesarnya, tidak banyak pelaku usaha yang menginovasikannya secara lebih modern. Umunya hanya secara lebih sederhana.

20. Rempeyek

Peluang Usaha Rempeyek
Peluang Usaha Rempeyek

Rempeyek ini salah satu makanan ringan yang digemari masyarakat Indonesia, terutama sebagai teman makan – sering ditemui ketika makan pecel.

Rasanya memang enak dan gurih.

Jadi tidak heran jika peminatnya sangat banyak.

Peluangnya untuk terjun dalam bisnis makanan ringan ini masih sangat besar.

Apalagi jika berhasil menginovasikannya.

21. Rengginang

Peluang Usaha Rengginang
Peluang Usaha Rengginang

Rengginang ini memiliki brand image yang cukup kuat di masyarakat, terutama saat lebaran. Meski brand imagenya sebuah guyonan.

“Tempatnya merk Khong Guan Pas dibuka isinya Rengginang”

Jika biasanya rengginang hanya dibuat dengan rasa gurih, renyah, dan asin.

Saat ini sudah banyak yang lebih kreatif dalam memberi sentuhan pada rengginang dengan berbagai varian rasa, seperti terasi, ebi pedas, bawang putih, keju, balado, dan masih bisa dikembangkan lagi.

22. Arum manis

Peluang Usaha Arum Manis
Peluang Usaha Arum Manis

Siapa yang ingat dengan arum manis?

Generasi 90an ke belakang pasti sangat lekan dengan makanan ringan satu ini.

Siapa sangka, saat ini usaha makanan ringan satu ini bisa tumbuh lagi secara lebih modern, terutama dalam pengemasan.

Pelakunya belum terlalu banyak tapi pasarnya sangat luas. Jadi, jika peluang usaha makanan ringan satu ini tidak dimanfaatkan akan sangat rugi.

23. Keripik apel

Peluang Usaha Keripik Apel
Peluang Usaha Keripik Apel

Keripik apel adalah salah satu cemilan khas dari daerah Malang Raya (Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu) karena memang terkenal dekat dengan lokasi perkebunan apel.

Menjadi salah satu oleh-oleh khas Malang dan banyak digemari baik dari masyarakat Malang sendiri maupun dari luar daerah Malang.

Prospek usaha keripik apel ini masih sangat bagus, apalagi di daerah lain. Peluangnya masih besar karena pelakunya juga tidak banyak bahkan bisa dibilang tidak ada di daerah lain.

Caranya, bisa dengan menjadi reseller atau agen yang mengambil keripik apel langsung kepada suplier dari Malang.

24. Keripik usus

Peluang Usaha Keripik Usus
Peluang Usaha Keripik Usus

Keripik usus bukan sesuatu yang baru di Indonesia. Peminatnya cukup tinggi – sebab banyak yang menggemari olahan usus ayam. Entah dijadikan lauk atau dijadikan keripik usus ini.

Peluangnya semakin besar jika bisa menambahkan sentuhan kreatifitas pada varian rasa dan kemasan keripik usus ini.

25. Stick talas

Peluang Usaha Stick Talas
Peluang Usaha Stick Talas

Tak jauh beda dengan keripik talas yang sudah dibahas di atas. Stick talas juga menjadi salah satu peluang usaha makanan ringan yang menjanjikan.

Bentuknya saja yang berbeda. Lebih menyerupai stick – potongan kecil memanjang.

26. Siomay kering

Peluang Usaha Siomay Kering
Peluang Usaha Siomay Kering

Selain bakso dan seblak, siomay kering juga cocok menjadi teman menonton televisi atau disediakan saat ada acara berkumpul di rumah.

Rasanya yang gurih tentu membuat siapa pun senang menyantap snack yang satu ini. 

Sekali lagi, makanan ringan satu ini juga bisa dimodifikasi dengan citarasa pedas berbagai level.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memulai bisnis makanan ringan.

Kualitas

Bila berniat menjadi pebisnis kuliner yang sukses, ada kewajiban dalam memastikan bahwa produk yang dibuat atau edarkan mempunyai mutu yang baik.

Hal ini mulai dari pengolahan hingga pengemasan.

Bahan baku cemilan harus bersih, higienis, dan tak terkontaminasi zat-zat yang membahayakan.

Konsumen zaman sekarang sudah sangat cerdas dan dapat memilih produk yang tak hanya lezat tapi juga sehat untuk diri-sendiri serta keluarga.

Pengolahan snack juga harus menaati ketentuan yang berlaku, contohnya untuk snack yang digoreng harus menggunakan minyak yang bermutu serta secara teratur diganti.

Setelah proses produksi cermati juga proses pengemasan karena bungkus yang menarik turut  menjadi magnet untuk menarik minat konsumen.

Dan wajib menjaga kualitas produknya agar tidak turun. Sebab, jika turun pelanggan bisa pergi.

Selain kualitas produk, wajib juga mengedepankan kualitas pelayanan.

Inovasi

Peluang usaha makanan ringan memang sangat besar, tapi harus diingat bahwa persaingan  dalam bisnis kuliner apa pun sangat tinggi dengan banyaknya pemain besar maupun kecil.

Pengusaha snack yang akan sukses adalah mereka yang kreatif dan inovatif. Artinya para pengusaha ini sanggup menyajikan produk yang belum ada sebelumnya sehingga akan menonjol di tengah ratusan jenis snack lainnya yang sudah umum ditemukan di pasaran.

Produk snack juga akan lebih cepat populer dengan cara pemasaran yang unik, contohnya produk  Maicih yang sukses melakukan brandingnya lewat sosial media Twitter.

Relationship

Strategi yang satu ini  berlaku pada semua model bisnis, yaitu menjalin relationship atau hubungan yang baik dengan pelanggan.

Produk akan berada di hati para konsumen karena mendapat kesan mendalam atas layanan yang diberikan.

Bila memasarkan produk tersebut dengan toko offline, jangan lupakan tersenyum kepada pelanggan, walaupun ujung-ujungnya nanti tak jadi membeli.

Jawab pertanyaan mereka dengan baik tentang detil produk yang dijual sehingga pembeli akan teringat. Siapa tahu walaupun belum saat ini, suatu saat mereka akan kembali dan berbelanja produk tersebut di kemudian hari.

Memberikan sampel gratis atau tester juga menjadi salah satu cara mengingatkan calon konsumen pada produk tersebut.

Pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan tak hanya dapat dilakukan dalam bentuk fisik atau saat bertatap muka, tapi juga secara online.

Bisnis jaman sekarang sebaiknya memang go online dan bila belum mempunyai website sendiri, bisa memulai dari sosial media atau market place.

Cara bersikap ramah dengan sarana tersebut adalah merespon komentar konsumen, menjawab pertanyaan mereka dengan jelas, dan buatlah interaksi sehingga (calon) konsumen merasa dekat dengan kita.

Dampaknya akan sangat besar bagi bisnis, yaitu membentuk loyalitas konsumen. 

Artinya walaupun banyak produk sejenis dengan brand berbeda-benda, produk kitalah yang akan tetap dicari.

Sebaliknya, saat seorang konsumen kecewa atas layanan yang diberikan dan seketika itu pula dia menuangkan uneg-unegnya pada akun kita yang bisa dibaca ribuan orang lainnya.

Brand bisnis atau produk bisa hancur dalam sekejap.

Marketing

Yang mempunyai pengaruh besar pada perkembangkan bisnis snack adalah strategi marketing yang tepat.

Jadi sebagai pemula dalam usaha tersebut, seharusnya dapat membangun merk serta melakukan upaya branding yang tepat.

Kejelian membaca pasar juga bisa menjadi kekuatan untuk menambah omset.

Beberapa cara yang dapat dilakukan adalah, memberikan kualitas yang lebih dari produk lain, menggelar diskon, give away, menambahkan bobot snack tapi dengan harga tetap, atau menyediakan sample untuk dibagikan gratis agar konsumen mendapatkan informasi tentang produk makanan ringannya.

Positive thinking

Banyak tantangan yang akan dihadapi. Ini adalah hal yang pasti karena untuk mendapatkan kesuksesan tentunya ada harga yang harus dibayar.

Dalam kondisi seburuk apa pun, upayakan untuk tetap berpikir positif dan jernih.

Jangan melampiaskan masalah yang dihadapi kepada pelanggan atau orang-orang yang berkaitan dengan bisnis.

Akibatnya bisa sangat buruk, mulai dari kehilangan supplier atau pelanggan yang kabur.

Sebaik apa pun produknya, tapi bila pelanggan merasa kurang dihargai dengan layanan yang  baik, mereka akan lebih memilih produk lain dengan kualitas di bawah produk kita asalkan dilayani dengan optimal.

Bila saat ini belum mempunyai produk snack sendiri, atau belum tahu cara memproduksi sendiri, jangan khawatir karena peluang usaha makanan ringan ini masih terbuka lebar dengan menjadi reseller atau dropshiper produk dari supplier.

Enaknya jadi reseller itu hanya fokus pada pemasarannya dan  mendapatkan laba sesuai komisi yang disepakati.

Caranya?

Cari saja melalui mesin pencari google dengan kata kunci seperti ini

“Reseller Makanan Ringan”

“Reseller + Jenis makanan ringannya” Contohnya, “Reseller Keripik Pisang”

Atau kalau masih bingung coba saja daftar jadi reseller keripik pisang Lukiluck.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *